Sunday, March 22, 2009

Make Windows Faster (Maintenance and Repair)

Hai semua, tentunya kita Bete kalo komputer kita tiba-tiba hang atau restart sendiri atau yang lebih parah Blue Screen of Death keluar dengan segala kode yang ditampilkan. Satu-satunya jalan adalah dengan menginstall ulang OS kita. Eeeiitttsss..... jangan dulu coba dulu software ini.

Untuk mencoba bisa didownload disini

Tune Up Utilities 2009

Tune up Utilities 2009 ini adalah sebuah software untuk meningkatkan performance komputer kita dengan operating Sistem berbasis Windows XP keatas. Mari kita bahas feature nya satu per satu:

1. Start Page

pada start page TU2009 ini akan menscan performance dan reliability. Pada halaman ini akan terdapat 3 colom yaitu:

    1. Maintenance : berisi schedulle untuk memaintenance

    2. Speed : berisi informasi hal-hal yang bikin komputer lambat

    3. Health : berisi informasi kesehatan komputer meliputi hardware maupun software.

Tips :

Jika pada masing-masing kolom terdapat informasi (warning), klik pada DETAILS untuk memperbaikinya. Dan jika tidak bisa diresolve maka error info itu bisa di hide. Tapi hidenya jangan permanen supaya bisa diperbaiki pada waktu yang akan datang.

2. Increase performance page

pada halaman ini, terdapat beberapa baris perintah, antara lain :

1. TuneUp Drive Defrag

Speed up system and program startup

klik perintah ini untuk mendefrag HDD (seperti perintah defragmenting pada windows), namun di TU2009 defragmentingnya lebih rapi dan dengan animasi yang menarik.

2. Tune Up Memory Optimizer

free up sistem memory

klik perintah ini untuk menurangi beban memory dengan meng-unload program-program yang tidak dipakai namun ter-load pada start up.

3. Tune Up Registry Defrag

Reduce size of regitry

klik perintah ini untuk mengurangi ukuran registry, maksutnya dengan perintah ini nilai-nilai pada registry yang invalid akan dihapus untuk mempercepat load program yang lain.

Repair registry error

OS Windows didalam perjalanannya pasti akan menulis registry key baik pada proses install atau uninstall. Ada kalanya dalam proses ini tidak semulus yang diharapkan. Nah perintah ini untuk memperbaiki error-error yang ditimbulkan oleh Windows.

4. Tune Up Speed Optimizer

Show quick optimization

disini akan ditampilkan beberapa hal yang bisa memperlambat komputer kita. Misal menggunakan effect yang berlebihan dan sebagainya.

Show performance advisor recommendation

disini akan ditampilkan rekomendasi dari TU2009 untuk mempercepat performance komputer kita. Selebihnya terserah kita mau diikutin atau engga.

5. Tune Up Start Up Manager

disini akan ditampilkan window yang berisi apa-apa aja yang diload saat start up. Ada kalanya beberapa software yang kita jarang memakainya tapi terload disini, bisa kita off kan.Sehingga penggunaan memory akan lebih efektif.

3. Free Up Disk Space

free up disk space

Pada halaman ini pertama yang kita jumpai adalah drive mana yang akan kita lakukan maintenance. Pilih salah satu drive yang akan kita maintenance. Setelah itu tunggu sejenak, informasi mengenai drive itu akan dimunculkan didalamnya.

1. Unnecessary files and backups

Disini akan ditampilkan beberapa hal yang sebenernya tidak dibutuhkan dalam system. Seperti cache dari browser kita, automatic update file, backup dari system recovery, temporary internet files dsb. Tapi sekali lagi pilihan ada ditangan kita, kia bebas memilih mana-mana yang akan kita hapus.

2. Windows function

Disini akan ditampilkan beberapaelemen eindows yang jarang atau tidakpernah kita pakai namun terinstall pada system kita, misalnya windows messenger, dsb. Dini kita bisa uninstall komponen-komponen windows tersebut.

3. Tune Up Disk Space Explorer

Tool ini fungsinya sama dengan Windows Explorer. Ya fungsinya untuk meng-organize file dan folder kita pada Hard Drive. Siapa tau ada file dokumen kita yang sudah tidak kita butuhkan lagi.

4. Clean Up Windows

clean up  windows

1. TuneUp 1-Click Maintenance

Run a complete maintenance check

klik perintah ini, secara otomatis TU2009 ini akan otomatis memaintenance semua bagian. Diantaranya adalah Correct Registry Problem, Remove Invalid Shortcut, Free Up Disk Space, Optimize Hard Disk Performance.

Change Setting

Link ini untuk memilih mana-mana aja yang akan dijalankan secara otomatis pada 1-Click maintenance. Dan juga disini adapengaturan untuk schedule untuk melakukan 1-Click maintenance ini.

2. TuneUp Registry Cleaner

Correct Registry Error

Perintah ini untuk scanning jikalau ada error pada registry Windows kita. Sebenernya fitur ini sudah dilakuin pada 1-Click maintenance. Tapi kalo kita masih belum yakin, kita bisa gunakan tool ini.

3. TuneUp Shortcut Cleaner

Remove Unnecessary Shortcut

Tool ini untuk menghapus shortcut kita pad desktop yang tidak terpakai. Tidak terpakai ini bisa digolongkan pada jarang dipakai. Jadi kita tidak akan melihat icon Shortcut yang berjibun pada Desktop kita. Jadi bisa lebih effective donk dan mengurangi waktu saat start up Windows.

4. TuneUp Uninstall Manager

Uninstall program

Tool ini untuk menuninstall program, ya sama seperti Windows Add and Remove program.

5. Solve Problems

solve problem

1. TuneUp Disk Doctor

Prinsipnya sih hampir sama dengan SCAN DISK pada Windows, yaitu untuk mengetahui kalao-kalo ada error pada HDD kite.

2. TuneUp Repair Wizard

Tool ini untuk merepair missing icon atau shortcut dsb.

3. TuneUp Undelete

Prinsipnya sama kayak Disk Recovery, yaitu untuk merecover file-file yang sudah dihapus baik sengaja maupun tidak.

6. Customize Windows

customize windows

1. TuneUp Styler

Tool ini untuk membuat interface windows kita menarik sesuai selera kita. Kita bisa merubah Boot Screen, themes, maupun Logon Screen dan juga merubah icon-icon.

2. TuneUp System Control

Tool ini untuk merubah hal-hal padasystem. Contohnya merubah konfigurasi network dan lain sebagainya.

7. Additional Tool

additional tool

Pada additional tool ini pada prinsipnya sama dengan fungsi-fungsi yang terdapat pada Windows. Misalnya Task Manager, Regedit, Recycle Bin dan informasi tentang komputer kita misalnya nama manufacturer (pembuat)

Jadi selamat mencoba ya..... sebelum kita memutuskan untuk install Windows ulang, Tool-tool yang terdapat pada TU2009 mungkin bisa menyelesaikan permsalahan kita.

0 comments: