Monday, March 23, 2009

Sukses Hidup di Dunia dan Akherat

Seri : Menjaga Hati , edisi : Berprasangka Baik (Nuzhudzon)

Manusia adalah makhluk Allah yang diciptakan lebih baik daripada makhluk Allah yang lain. Karena apa ? Karena pada diri manusia dibekali akal dan hati. Untuk akal, sudah banyak yang membahasnya. Begitu pula untuk hati, tapi disini penulis mencoba menyampaikan apa yang didapat dari Guru penulis, dan juga tulisan ini untuk selalu mengingatkan penulis akan hal ini.

Oke, hati pada diri manusia merupakan penggerak utama dalam menentukan akhlaknya. Baik buruknya akhlak manusia ini sangat ditentukan bersih tidaknya hati ini. Lalu apa aja sih yang bikin hati ini tidak bersih dan apa pula akibatnya kalau hati kita tidak bersih. Yang membuat hati kita kotor diantaranya adalah penyakit-penyakit hati seperti Berburuk sangka, iri hati, sombong, dengki, tidak suka kalau orang lain bahagia dsb-dsb. Akibatnya adalah akan bertambahnya hijab-hijab kita dalam mengarungi hidup kita artinya kita akan semakin disibukkan dengan urusan - urusan yang tidak bermanfaat. Dan yang pasti dengan Allah akan kian jauh,naudzubillah.

Edisi kali ini penulis akan share usaha dalam menangkal segala penyakit hati, namun akan dibahas tentang berburuk sangka terlebih dahulu. Berburuk sangkan (su'udzon) lawannya adalah berbaik sangka. Berbaik sangka adalah kunci pertama untuk mendapatkan kesuksesan hidup baik di dunia maupun kehidupan diakherat. Selalu berbaik sangka ini gampang-gampang susah kenapa, soalnya dalam kehidupan kita sehari-hari terkadang tidak kita sadari kita berpikiran yang buruk tentang orang lain hal ini wajar adanya karena sebagai manusia kita tak lepas dari luput dan dosa. Lalu apakah kita biarkan saja? tentu tidak meskipun manusia makhluk yang dhoif tapi berbaik sangka ini bisa dilatih dan selalu dipraktekkan kedalam kehidupan sehari-hari.

Berbaik sangka tidak hanya kepada sesama manusia, tetapi kepada semua makhluk Allah dan juga tentunya selalu berbaik sangka kepada Sang Pencipta kita yaitu Allah SWT. Saudaraku mengapa berbaik sangka ini penting sekali untuk kita terapkan pada kehidupan kita sehari-hari ?.

1. Berbaik sangka dapat menjauhkan kita dari fitnah

2. Berbaik sangka dapat membuat kita lebih maju.

contohnya : saat kita menerima kritik dari segala sesuatu yang telah kita kerjakan. Dengan berbaik sangka kita akan mudah menerima kritikan itu yang saya yakin semua kritikan itu pasti membangun.

3. Berbaik sangka dapat mempererat tali silaturahmi.

4. Berbaik sangka dapat menjauhkan dari iri hati.

5. Berbaik sangka dapat melalui segala ujian yang diberikan kepada kita.

6. Berbaik sangka dapat membuat kita lebih sabar.

dan banyak lagi segi positif dari berbaik sangka ini.

Nah saudaraku, mulai saat ini juga mari kita latih diri kita untuk selalu berbaik sangka dan berfikiran positif terhadapa segala sesuatu yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti kata 'AA Gym tentang 3M, yaitu :

1. Mulai dari diri sendiri

2. Mulai dari sekarang

3. Mulai dari hal yang kecil

Semog artikel ini dapat membuat kita, selalu menjaga hati kita dengan berbaik sangka. Dan nantikan artikel yang lain seri Menjaga Hati.

oleh : Kencanadwipa, sumber : Guru tercinta.

0 comments: