Wednesday, April 22, 2009

Facebook di Instant Messenger

Pakai Instant Messenger emang lebih nyaman untuk chatting daripada kita masuk ke dalam server chatting dan menggunakan aplikasinya, misalnya situs jejaring sosial seperti Facebook. Disamping lebih lama Upload situsnya dan agak ribet, user jadi lebih senang jika menggunakan messenger.

Kali ini saya akan memperkenalkan messenger yang saya baru tau, mungkin sebagian teman-teman sudah ada yang tau. Namanya adalah "Pidgin instan Messenger". Biasanya kalau kita install Ubuntu akan include didalam paketnya. Pidgin Instan Messenger (PIM) ini support beberapa server chatting seperti AIM, YAHOO, GOOGLE TALK dan sebgainya termasuk pula Facebook.

Nah sekarang mari kita mulai menggunakan PIM ini. Jika teman-teman menggunakan Ubuntu, PIM ini sudah ada, namun untuk pengguna Windows dan MacOS, PIM juga tersedia tinggal download saja di situs resminya http://www.pidgin.im

Nah setelah download install dan buka PIM ini. Pertam-tama yang dilakukan adalah pilih server yang akan kita pakai. Sebagai contoh kita akan menggunakan Yahoo Messenger,
- maka pilih Yahoo pada protokol.
- Screen name isi dengan nama imel kita
- alias isi dengan nama yang kita kehendaki
- password isi dengan password kita
Thats all dan messenger siap diluncurkan

Untuk Facebook, PIM ni perlu ditambah pada pluginya. Link pluginnya ada disini http://code.google.com/p/pidgin-facebookchat/ dan download plugin yang sesuai dengan OS kita (untuk Windows bisa pilih Zip atau exe, ubuntu pilih .deb). Install deh, tapi jangan lupa sebelum install PIM yang terbuka harus ditutup terlebih dahulu.

Setela itu pilih account dan add. Protokol pilih Facebook, screen name, alias dan password isi seperti biasa dan Have a lot of Fun.

Happy chatting
Andik Kustanto

0 comments: