Tuesday, March 24, 2009

Windows Customization Seri Ubuntu


Hi, teman apa kabarnya niy..??? well Bagaimana sudah dicoba Vista Transformation Pack V.9.01 nya ?. Bagaimana apakah membuat semangat soalnya tampilan Desktop kita menjadi se”keren” Windows Vista itu.

Nah sekarang saya coba share lagi. Tapi kali ini buat pecinta Linux khususnya platform Ubuntu. Disini kita masih menggunakan Windows XP sebagai OS utama kita, namuuun tampilan Desktop kita akan sekeren Ubuntu Human themes. Bagi pecinta tampilan Linux tapi ngga mau ribet mesti Install lagi, kayaknya tool ini boleh dicoba.

Namanya Ubuntu Transformation Pack, hampir sama ya kayak kemarin. Ya pada intinya sama, cuman untuk Ubuntu Transformation Pack ini agak “ribet” dalam instalasinya. Tidak sekali klik langsung jadi, tapi mesti install one by one.

Untuk Ubuntu Transformation Pack bisa
download

Oke akan saya coba share cara kerjanya:

  1. Setelah download, buka file ini dengan winRar.

  2. Nah setelah kebuka teman semua akan melihat jendela seperti ini :


3. Nah,mari kita mulai mentransform XP kita menjadi Ubuntu.

langkah 1 - Yodm3D
Extruct 'yodm3D.zip' dengan double klik, akan muncul window WinRar lagi nah setelah itu extruct all ke folder yang telah disiapkan (misalnya di D:\yodm\). Oh ya Yodm3D ini berguna untuk membuat 4 colom desktop yang berbeda dan untuk switchingnya menggunakan effect 3D yang menarik 9kalo mada Ubuntunya sendiri dengan menekan tombol "win+middle button mouse" sambil digeser-geser mousenya).
Pada Yodm3D ini bisa menggunakan kombinasi berbagai key untuk menjalankannya bisa Alt+Crtl+arrow kanan atau kekiri, zoom in atau out. Pokoknya KEREN ABIZZZ.....

langkah 2 - boot skin
Tutup jendela Winrar untuk Yodm3D. Selanjutnya adalah bootskin. Boot Skin adalah applikasi untuk merubah tampilan loading Windows menjadi tampilan Ubuntu saat loading windows. Untuk itu extruct-lah 'ubuntu.bootskin' pada folder tersendiri.
Untuk bisa boot skin, jika teman sudah memiliki TU2009 maka tinggal masuk kedalam perintah additional tool dan pilih change boot screen. Disitu nanti akan dimita man afile yang akan dijadikan boot screen saat Windows start.

langkah 3 - Cursor
Naaah... yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Icon-iconnya harus sesuai dengan tema. Untuk cursor diekstrak aja semua kedalam 1 folder sementara. Setelah itu klik kanan pada "install.inf" dan klik intall. Jadi deh.... gampang bukan

langkah 4 - Firefox
didalamnya skin Ubuntu untuk Firefox. (Default browser untuk Linux)

langkah 5 - Icon
Icon juga sangat penting, disini kita tidak perlu repot hanya ekstrak lalu jalankan intalasi nya (.exe) dan semua akan terinstall dengan sendirinya. (tinggal direstart ulang saat dibutuhkan seperti itu)

langkah 6 - Ubuntu Logon
Caranya tidak beda dengan Bootskin diatas. Untuk yang satu ini kita butuh bantuan dari TU2009.

langkah 7 - Visual style
Ini adalah themes untuk color dan visual appearance pada Windows kita. Yup ekstrak saja dan klik pada ms style icon dan Sim Sala Bim, desktop kita jadi Ubuntu.

langkah 8 - wallpaper
Teman semua pasti sudah paham

Saya rasa itu aja yang perlu diperhatikan saat menggunakan Ubuntu Transformation Pack ini. Akhir kata Selamat menikmati Ubuntu pada system OS Windows XP.
berikut beberpa screenshot dari komputer penulis.


0 comments: