Friday, April 24, 2009

Maaf, mudah diucapkan tapi......

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang diciptakan lebih sempurna daripada makhluk yang lain. Tapi manusia sendiri tidak luput dari salah dan dosa karena itu sudah sifat manusia yang dhaif. Baik itu kesalahan ke Allah yang menciptakan kita atau kesalahan terhadap makhluk Allah yang lain (manusia, hewan maupun tumbuhan).

Kepada manusia kita diajarkan untuk meminta maaf jika kita melakukan kesalahan baik ucapan, perbuatan atau statement baik sengaja maupun tidak. Namun maaf ini mudah diucapkan tapi maknanya susah dimasukkan dalam hati. Artinya secara lahir kita minta maaf tapi didalam hati masih dongkol dan menyimpan dendam, terlebih berharap orang yang tidak kita sukai itu akan dihukum oleh Allah.

Kira-kira Allah akan menghukum atau tidak? jawabannya tergantung amal dan perbuatan orang tersebut. Oke... bagaimana sih biar kita itu tulus minta maaf. Sederhana saja, intinya adalah pengendalian nafsu yang ada didalam hati kita. Khan sudah menjadi kewajiban seorang muslim untuk menjaga hati.

Caranya adalah :
1. Katakan, kita ini adalah sesama makhluk Allah terlebih sesama muslim.
2. Segala sesuatu berdasarkan kehendak Allah, dan ini adalah ujian bagi kita.
3. Hilangkan dendam.
4. Do'akan yang baik-2, misalnya Ya Allah berikan hamba petunjuk-Mu dan jauhkan hamba dari segala bentuk kesesatan. Dan perjalankan teman hamba ini sejalan dengan hamba.

Kira-kira itu yang bisa saya sharing saat ini, kurang lebihnya mohon maaf.

Andik k

0 comments: